Kuliner

7 Kuliner Lezat Khas Kediri, Cobain Yuk!

7 Kuliner Lezat Khas Kediri –  Simpang Lima Gumul, Sekartaji Park dan Candi Setono Gedong. Beberapa lokasi wisata tersebut memang menjadi icon salah satu kota di Jawa Timur. Kota ini adalah kota ketiga terbesar setelah Surabaya dan Malang berdasarkan jumlah penduduknya. Selain itu, kota ini terkenal dengan pusat perdagangan gula dan rokok.

Kota apa hayoo? Yap, Kediri!

Selain terkenal dengan tempat wisata keluarga, sejarah, religi dan lainnya, nggak ketinggalan juga yang satu ini nih, kuliner!

Buat kamu yang lagi ada di Kediri atau berencana jalan-jalan ke Kediri, wajib coba nih, 7 kuliner lezat khas Kediri yang paling terkenal, dan enak pastinya. Siap? Berangkat!

Tahu Takwa

7 Kuliner Lezat Khas Kediri

Kuliner yang satu ini cocok banget buat dijadiin oleh-oleh nih. Awalnya, tahu ini diperkenalkan oleh pengusaha asal Cina bernama Bah Kacung, dan sudah menjadi oleh-oleh khas Kediri sejak 1912. Wow, legend banget ya!

Tahu Takwa ini memiliki aroma dan rasa yang gurih, nggak ada rasa atau aroma masam (yang kadang kita temukan di beberapa jenis tahu). Setelah digoreng, bagian luar tahu ini bertekstur renyah, sementara bagian dalamnya tetap lembut. Sedap! Cocok banget sama nasi anget dan sambal nih.

Soto Kediri

7 Kuliner Lezat Khas Kediri

Nah untuk soto yang satu ini, sebenarnya hampir sama dengan soto ayam pada umumnya. Perbedaannya, ada di kuahnya. Soto Kediri ini menggunakan santan sebagai campuran pada kuahnya. Kebayang ya, pasti gurih dan sedap banget!

Sate Emprit

7 Kuliner Lezat Khas Kediri

Bukan kambing, bukan ayam, bukan sapi. Sate yang satu ini menggunakan burung emprit sebagai bahan dasarnya. Pengolahannya hampir sama dengan sate pada umumnya.

Sebelum dibakar, burung emprit dibumbui dengan air rendaman yang terdiri dari campuran asam jawa, gula merah serta bawang putih. Setelah itu dibakar, dan dioles dengan bumbu sate yang terdiri dari kecap dan sambal kacang.

Biasanya dalam satu tusuk sate terdiri dari dua daging burung emprit. Disajikan dengan saos bumbu sate serta timun dan bawang merah sebagai lalapan. Nyam!

Sate Bekicot

7 Kuliner Lezat Khas Kediri

Sesuai namanya, sate yang satu ini berbahan dasar bekicot. Iya bekicot, hehe.Pusat dari makanan khas ini berada di Desa Djengkol, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri. Tepatnya 10 kilometer dari tempat wisata Monumen Simpang Lima Gumul.

Nah selain sate bekicot, di daerah tersebut juga menyajikan olahan berbahan dasar bekicot lainnya seperti krengsengan bekicot, kripik bekicot dan oseng-oseng bekicot. Kamu sudah coba?

Tahu Poo

7 Kuliner Lezat Khas Kediri

Tahu yang satu ini beda dengan tahu Takwa yang udah kita bahas tadi nih. Ketika digoreng, tahu Poo ini akan mengembang sehingga bagian tengahnya memiliki ruang kosong.

Dipadukan dengan sambal petis, tahu Poo ini sedap banget dijadikan cemilan. Dimakan hangat-hangat, sedap banget!

Nah buat kamu yang penasaran, cuss langsung aja ke jalan Yos Sudarso ya.

Gethuk Pisang

7 Kuliner Lezat Khas Kediri

Selanjutnya, kuliner lezat khas Kediri selain yang asin, Kediri juga punya yang manis-manis nih. Makanan berbahan dasar pisang ini memiliki cita rasa manis, sedikit asam dan bertekstur legit. Dibalut dengan daun pisang, bentuknya mirip dengan lontong. Buat kamu penyuka cita rasa manis asam, pasti bakal ketagihan nih.

Gethuk pisang ini cukup mudah ditemui di sepanjang jalan Dhoho. Mampir ke Dhoho, jangan lupa beli yaa.

Nasi Pecel Tumpang

7 Kuliner Lezat Khas Kediri

Pecel? Ini sih di Jakarta juga ada.

Eitss, nanti dulu. Seperti nasi pecel yang ada di berbagai daerah di Indonesia, pecel yang satu ini pun memiliki ciri khas tersendiri. Nah, yang menjadi khas Kediri adalah nasi pecel tumpang.

Nasi yang masih mengepul hangat, di atasnya diberi beberapa macam sayuran seperti daun pepaya, daun kenikir, daun ketela pohon, kacang panjang, buah pepaya muda serta kecambah. Kemudian, disiram dengan dua macam sambal. Yaitu sambal pecel dan sambal tumpang. Setelah disiram sambal, bagian atasnya ditaburi dengan irisan mentimun, lamroto dan daun kemangi.

Baca artikel Kuliner lainnya :

Disajikan diatas “pincuk” daun pisang, dengan berbagai jenis lauk pendamping seperti perkedel singkong, tempe tahu goreng dan nggak ketinggalan si unsur kriuk, peyek.

Sambal tumpang ini memiliki unsur rasa yang komplit. Pedas, asin dan gurih. Berpadu dengan sambal pecel yang bercita rasa pedas manis, ditambah dengan lauk pendamping serta peyek. Duh, bikin laper!

Nah, itu dia beberapa kuliner khas Kediri yang rugi banget kalo kamu nggak cobain! Mulai dari cemilan, sarapan, makan siang sampai makan malam. Makan di tempat atau buat oleh-oleh. Mau yang manis, asin, pedas, gurih, semuanya ada. Komplit banget kan?

So, tunggu apa lagi. Cek kalendermu, catat spot-spot kulinernya, brangkaat!

Komentar Yuk

One Comment

Close
Close