Seni Budaya

Blangkon Kabid, Produk Budaya dari Kandangan

Follow Kediri – Blangkon adalah salah satu ciri khas budaya Jawa. Blangkon sendiri memiliki makna yang tidak biasa, bukan digunakan hanya sebagai penutup kepala namun juga memiliki filosofi tertentu. Ya, blangkon juga merupakan simbol status bagi orang yang memakainya. Karena itulah banyak orang Jawa yang menggunakan blangkon untuk kegiatan resmi maupun di kegiatan lainnya.

Ngomong-ngomong soal blangkon, Kediri juga punya balngkonnya sendiri, yakni Blangkon Kabid. Adalah bapak Kabid, salah satu pembuat dan penjual blangkon di Kediri ini mengaku sudah 10 tahun menekuni bidangnya.

Meski sebenarnya di Kabupaten Kediri belum banyak pembuat blangkon, berbeda seperti di Solo, Jogja atau daerah sekitar Jawa Tengah lainnya. Berawal dari mulut ke mulut akhirnya Blangkon Kabid semakin populer dan banyak diminati masyarakat.

“Dulu saya memakai iket. Dibentuk dari lembar kain berbentuk segi empat. Lalu dilipat membentuk segitiga. Kemudian berkembang menjadi bentuk lebih praktis, seperti topi tinggal pakai, yang dikenal dengan nama udeng.” terangnya.

Udeg merupakan penutup kepala bagi pria, yang kemudian berkembang menjadi sebuah tradisi. Penutup kepala sejenis ini juga dulu menunjukan atribut sosial seseorang. Tergantung dari bahan, warna, bentuk pakai, dan status sosial si pemakai. Mirip seperti kasta ya.

Pakai Blangkon bisa Keren!

Di era modern seperti sekarang, orang sudah banyak menggunakan udeng atau blangkon sesuai selera dan style nya masing-masing. Tidak lagi berpatokan pada status sosial penggunanya. Jadi blangkon tidak lagi dianggap kuno, karena banyak model blangkon juga sudah digemari anak-anak muda dan menjadi atribut dalam fashion show juga loh. Tentu saja kamu juga bisa mengkombinasikan udeng atau blangkon dengan gaya kekinian kamu, pasti menarik ya!

Baca juga topik UMKM lainnya :

Nah, jika kamu tertarik dengan produk khas Jawa ini, kamu bisa temukan di jalan Toyoresmi Prambanan RT. 03 RW 05 Kecamatan Kandangan, Kediri. Lokasinya berdekatan dengan Jombang dan Malang juga. Bila mau order, monggo langsung menghubungi nomor HP. 085 735 364 705 untuk pemesanan.

Ayo lestarikan budaya Indonesia, khususnya budaya Bumi Kediri!

Komentar Yuk

Close
Close