Follow Desa

Desa Ngablak : Membangun Desa Dengan Membina Anak Muda

Follow Kediri – Jika mendengar kata “anak remaja”, pasti kita teringat dengan kenakalan-kenakalan para remaja zaman sekarang. Masa remaja memang sangat dominan dengan kenakalan atau kebimbangan, bukan hanya di Jawa Timur saja, melainkan di seluruh Indonesia.

Berita mengenai perkelahian antar pelajar, tawuran antar sekolah, bahkan pelecehan seksual terhadap remaja, sungguh sangat memprihatinkan. Karena itu penting bagi masyarakat bisa melakukan pembinaan anak muda guna menumbuhkan hal positif demi kemajuan bersama.

Desa Ngablak, membina anak muda membangun desa

Salah satu Desa di kecamatan Banyakan, yaitu Desa Ngablak berhasil merangkul anak-anak muda di desanya untuk melakukan hal positif yang sangat berguna bagi kemajuan desa. Desa Ngablak memiliki hal menarik untuk melakukan pembinaan anak muda disana, yaitu dengan mengadakan les tambahan bagi siswa-siswi. Dimulai dari kursus Bahasa Inggris, kemudian berkembang menjadi Les Tari Tradisional.

Menurut kepala desa Ngablak sukiman, untuk menggerakan anak muda ini tidaklah semudah membalikan telapak tangan, sehingga dibutuhkan kerja esktra. “Yang penting kita tetap semangat mulai dari yang sedikit lama-lama banyak yang tertarik dan bergabung”. Tambahnya.

Dari hanya sedikit peminatnya, kini kelompok ini sudah berkembang dan diwadahi menjadi Karang Taruna desa Ngablak. Mereka dengan ikhlas dan senang hati menyediakan waktu untuk memberikan les bagi anak-anak Desa Ngablak yang bersekolah.

Suatu hal yang sangat patut diacungi jempol! Walaupun masih muda, mereka bisa menggunakan waktunya untuk hal-hal yang postitif dan bermanfaat bagi diri mereka maupun bagi orang lain.

Tidak hanya di bidang pendidikan, Desa Ngablak juga memiliki potensi dalam bidang perkebunan. Mereka dikenal sebagai penghasil buah melon super yang memiliki rasa yang manis serta ukuran yang besar, berbeda dengan melon-melon biasanya. Berat 1 buah melon bisa mencapai 3-5kg, bahkan bisa lebih loh! Tidak terbayangkan ya gimana enaknya melon asli Desa Ngablak ini!

Desa Ngablak Kediri

Prestasi dan Kebanggan

Pencapaian ini merupakan hal yang luar biasa dan juga unik, karena keberhasilan ini tidak dimiliki oleh desa lain. Apalagi hal ini juga didukung kearifan lokal dengan adanya kesenian jaranan yang juga didominasi oleh anak-anak muda.

Kepala Desa, Sukiman saat ditemui tim menyampaikan rasa bangganya dan ucapan terimakasih. Walaupun Desa Ngablak hanya bisa meraih Nominator Kategori Bidang Pembinaan Anak Muda dengan hadiah sebesar Rp.100 juta, “Saya bangga terpilih menjadi salah satu kategori nominator yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri melalui DPMPD bekerjasama dengan Jawa Pos Radar Kediri” terangnya.

Baca juga artikel Follow Desa lainnnya :

Prestasi yang disabet Desa Ngablak ini patut dijadikan contoh bagi desa-desa lainnya. Bagaimana anak muda diberdayakan dan diberikan peran lebih untuk turut membangun desa. Kolaborasi antara orangtua dengan anak muda sangat penting dan mampu memberikan lompatan besar bagi kemajuan desa.

Yuk berdayakan anak muda dalam membangun Desa!

Komentar Yuk

Close
Close