Wisata

Melihat Indahnya Penorama Desa Sugihwaras Kediri

Follow Kediri – Kediri kaya dengan pesona alamnya. Dan kali ini kita akan lihat pesona dari Desa Sugihwaras. Desa ini tepatnya di kecamatan Ngancar, sebelah Timur dari pusat kota Kabupaten Kediri. Di desa Sugihwaras terdapat Gunung Kelud, ikon dari Kabupaten Kediri loh. Desa yang berjarak kurang lebih 35 km dari pusat kota ini menjadi satu-satunya akses utama masuk ke Kawasan Wisata Alam Gunung Kelud.

Desa ini berada di dataran tinggi dengan ketinggian 500-600 MDPL, yang merupakan kawasan pengunungan, tepatnya di lereng Gunung Kelud. Karena itu jangan heran kalian akan merasakan udara yang sangat sejuk dan bersih dari polusi udara.

Desa Sugihwaras memiliki luas wilayah administratif 3,7 Km2 dengan batas wilayah Sebelah UtaraDesa Sepawon Kecamatan Plosoklaten, Sebelah Timur Kabupaten Malang, Sebelah Selatan Desa Sempu Kecamatan Ngancar, Sebelah Barat Desa Ngancar / Desa Babadan.

Dikenal Sebagai Desa yang Nyaman dan Tentram

Menurut Kepala Desa Sugihwaras, Sukemi, masyarakat disini sangat menjunjung tinggi nilai adat istiadat, rasa tenggang rasa, dan kebersamaan. Inilah yang membuat suasana pedesaan disini sangat tenang, tentram dan nyaman.

Jika kita berkunjung kesana, pasti kita akan menemukan banyak tanaman pertanian yang luas dan sangat subur. Memang sebagian besar masyarakat disana adalah petani, selain juga peternak.

”Pola penggunaan lahan di Desa Sugihwaras lebih didominasi oleh kegiatan pertanian di tanah tegal (ladang) yaitu tebu, nanas, ketela, dan tanaman holtikultura lainya. Mayoritas penghasilan masyarakat dari bertani terutama tanaman cengkih dan berternak”. Kata Sukemi

Memanfaatkan Banyak Peluang untuk Kemajuan Desa

Masyarakat  Desa Sugihwaras ini sangat kreatif dalam memanfaatkan peluang usaha. Mereka menggunakan daun cengkih yang banyak terdapat di sekitar pemukiman untuk dijadikan minyak Atsiri. Banyak rumah tangga yang memanfaatkan kotoran sapi untuk dijadikan bio gas.

Karena dari banyaknya potensi-potensi yang ada, mulai Tahun 2013 Desa Sugihwaras menjadi Desa Wisata sehingga sering dikunjungi Wisatawan, terutama pada akhir pekan dan Hari libur Nasional dan Sekolah.

“Saat ini di Desa Sugihwaras telah terbentuk kelompok sadar wisata dengan menghimpun masyarakat yang memiliki kesadaran dan kemauan untuk mengolah dan mengembangkan Desa Sugihwaras menjadi desa tujuan wisata. Kelompok sadar wisata tersebut dinamakan “LADEWI” singkatan dari Lembaga Desa Wisata”. Terang Sukemi dengan bangga.

Organisasi LADEWI tersebut merupakan kelompok masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap kemajuan desa dan daerahnya melalui sektor pariwisata. Kerja keras dan jerih payah pengurus organisasi ini juga berbagai program yang ada serta kerjasama dari seluruh unsur masyarakat tidaklah sia-sia.

Desa Sugihwaras Kediri

Semakin berkembang dan semakin dikenal

Hal ini bisa dilihat dari berkembangnya potensi wisata di Desa Sugihwaras. Seperti homestay, warung-warung kuliner, lapak penjual buah, kelompok-kelompok seni, dan juga kelompok transportasi. Semua ini mampu menambah nilai ekonomi masyarakat juga.

Beberapa waktu lalu Desa Sugihwaras mendapat penghargaan dari Badan Lingkungan Hidup Jawa Timur masuk dalam kategori DESA BERSERI PRATAMA dan juga lolos verifikasi Desa Wisata Sehat tingkat Provinsi Jawa Timur. Keren kan?

Baca juga topik Wisata lainnya;

Kamu penasaran? Silahkan berkunjung dan menikmati indahnya panorama dan segarnya hawa pegunungan Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar.  Akses jalannya pun sangat mudah, selain itu pengembangan obyek wisatanya pun sangat banyak.

Diantaranya seperti adventure dan offroad, lintasan sirkuit terpanjang di Indonesia, berbagai taman menghiasi perjalanan menuju Gunung Kelud dan masih banyak lagi.

Yukkk berakhir pekan di Gunung Kelud, dan nikmati pesonanya.

Komentar Yuk

Close
Close