Kuliner

Es Dawet Lele Rukun Tani, Unik dan Nyegerin!

Follow Kediri – Lucu ya namanya, Dawet Lele. Pasti kalian langsung membayangkan es dawet? Ikan lele? Emangnya enak?

Setiap daerah pasti memiliki jajanan tradisional dengan cita rasa yang khas. Nah, Es Dawet Lele Rukun Tani adalah salah satu jajanan tradisional khas Kediri yang sangat unik dan pastinya tidak bisa kamu temui di daerah lain.

Es Dawet featuring Daging Lele Olahan

Jajanan ini awalnya merupakan ide dari kreatifitas kelompok budidaya dan olahan lele “Rukun Tani” di Desa Pranggang Kec. Plosokaten Kabupaten Kediri. Mereka adalah satu-satunya kelompok budidaya lele organik di Kabupaten Kediri yang memproses lele dari hulu sampai hilir. Mulai dari pembibitan, pembesaran hingga sampai dibuat menjadi berbagai olahan lele yang nikmat. Salah satunya Es Dawet Lele ini.

“Saya memberi tugas kepada ibu-ibu anggota kelompok ‘Rukun Tani’, terserah mau diolah menjadi apapun. Supaya daging lele tersebut bisa menjadi olahan makanan yang unik, menarik dan tentunya kandungan nutrisi gizi pada daging lele tetap ada. “ ujar Heru Surawan, ketua kelompok Rukun Tani.

Es Dawet ini sebenarnya sama seperti es dawet pada umumnya, namun keunikan yang membedakan adalah bahan tambahannya. Dawet pada umumnya dibuat dari bahan dasar tepung beras dan tapioka, nah tapi yang satu ini ditambah dengan olahan daging lele. Lele yang digunakan bukan sembarang lele, melainkan lele yang dibudidayakan organik oleh “Rukun Tani”.

Rasanya yang lezat, bikin ketagihan

Heru Surawan, mengakui bahwa produk es dawet lele ini cukup menarik masyarakat dan laku di pasaran. Jelas saja, siapa sih yang tidak suka es dawet? Ide ini juga sangat bermanfaat bagi anak-anak atau orang yang kurang suka dengan ikan lele. Karena gizi dan nutrisi dari ikan lele bisa didapatkan juga dari es dawet ini.

Daging ikan lele termasuk daging yang rendah kalori dan lemak, hal ini baik sekali untuk kesehatan kamu. Selain itu lele juga mengandung protein, bitamin B12, dan mengandung asam lemak sehat. Yakin tidak mau mengkonsumsi lele?

“Harapan kami dawet lele ini bisa dikenal seluruh nusantara dan semoga kami terus didukung, dirangkul, dan dibimbing. Karena kami hadir bukan untuk kepentingan kami sendiri, melainkan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Kediri,” pungkas Ketua Rukun Tani.

es dawet lele

Higenis dan banyak pilihannya!

Buat kalian yang mau mencoba jajanan yang satu ini, tidak usah khawatir lagi akan kebersihannya. Proses pengolahan es dawet ini sangat higienis dan kualitas mutunya sangat diperhatikan. Jika kamu mencicipi es dawet ini, jangan heran ya kalau rasanya sangat lezat seperti es dawet kebanyakan, dan kamu tidak akan mencium bau amis lele loh!

Selain diolah sebagai es dawet, lele yang dihasilkan oleh “Rukun Tani” ini juga ada yang dijual mentah maupun dibuat menjadi olahan lainnya seperti onde-onde lele, abon lele, nugget lele, bakso lele, mangut lele, dan masih banyak lagi. Makan lele jadi banyak variasinya deh!

Baca juga topik Kuliner lainnya :

Yuk buruan beli dan cobain jajanan dari olahan lele ini yang nikmat dan juga menyehatkan. Kamu bisa langsung datang ke sekretariat Rukun Tani di Dusun Mangun Rejo, Desa Pranggang, Kecamatan Plosokaten, Kabupaten Kediri atau bisa hubungi di nomor HP. 0856-4522-9747

Komentar Yuk

Close
Close