UMKM

Rasa Eksotis Gethuk Pisang Baariklana

FollowkKediri.com – Kediri memiliki berbagai macam makanan khas yang unik dan enak, salah satunya adalah gethuk pisang. Gethuk pisang ini merupakan makanan khas Kota Kediri yang secara turun temurun telah menjadi resep warisan khas penduduk setempat. Makanan ini memiliki perbedaan dari gethuk yang ada dipasaran pada umumnya. Karena biasanya gethuk dibuat dari bahan singkong atau ubi, namun gethuk khas Kota Kediri ini terbuat dari buah pisang.

Pisang yang digunakannya pun harus menggunakan pisang raja nangka agar gethuk ini memiliki cita rasa campuran manis dan asam yang khas, serta memiliki tekstur yang sedikit keras. Sehingga pada saat dikukus, pisang ini tidak terlalu lembek.

Salah satu produsen gethuk pisang yaitu “Baariklana” yang berlokasi di  Desa Jatisari. Saat ditemui di kediamannya, sang pemilik yang bernama Ayik mengatakan bahwa gethuk pisang yang ia produksi berbeda dengan gethuk lainnya. “Gethuk pisang disini cukup unik dengan dikemas ukuran mini, dan dibanderol hanya dengan Rp. 800 perbungkusnya. Untuk ukuran yang lebih besar juga ada tergantung pesanan pembeli, akan tetapi yang lebih sering dicari pembeli yaitu yang berukuran mini.” Tutur Ayik.

Rasa Eksotis Gethuk Pisang Baariklana

Sang pemilik pun menjelaskan mengenai proses pengolahan gethuk pisang tersebut dari awal hingga akhir. Proses pengerjaannya pun ternyata cukup sederhana, pertama pisang dikupas kemudian ditumbuk hingga halus dan menjadi seperti adonan. Lalu tambahkan gula sebagai pemanis dan vanili sebagai penyedap rasa yang alami. Setelah adonan jadi dan sudah di campur dengan berbagai bahan tambahan, lalu kukus hingga tanak.

“Setelah itu adonan dipres dulu pakai mesin dan dicetak dengan selongsong pipa supaya menghasilkan ukuran yang sama. Terakhir digulung dan dibungkus daun pisang. Penggunaan daun pisang ini karena dapat menghasilkan aroma yang sangat khas yang tetap terjaga,” tambah Ayik.

Baca Juga Merasakan Kriuknya Brambang Goreng Bapak Suyanto

Gethuk pisang Baariklana ini terbuat dari berbagai bahan alami yang berkualitas sehingga cita rasa dan kualitasnya pun tak perlu diragukan lagi. Perpaduan antara rasa dan balutan kemasan yang tradisional ini memberikan kenikmatan tersendiri pada gigitan pertama.

Gethuk pisang Baariklana ini aman dikonsumsi bagi  anak kecil maupun orang dewasa, sebab terbuat dari bahan alami dan tanpa bahan pengawet. Karena gethuk pisang ini tidak menggunakan bahan pengawet, jadi makanan ini hanya mampu bertahan selama 2 hari dalam kondisi normal. Namun jika gethuk pisang ini disimpan dalam lemari es, maka dapat bertahan hingga 5 hari.

Buat kamu yang akan mengunjungi Kota Kediri, sempatkan waktu untuk membeli oleh-oleh gethuk pisang Baariklana khas Kota Kediri di  Jl. Kertoyudo, Desa Jatisari, Kecamatan Kepung, Kediri. Jika kamu ingin bertanya mengenai pemesanan gethuk pisang ini dari mulai harga, jenisnya ada apa saja atau bahkan patokan menuju lokasi. Kamu dapat menghubungi 085736225753 – Ayik.

Komentar Yuk

Tinggalkan Balasan

Close
Close