Wisata

Tak Cuma Harum, Semua Jenis Anggrek Ada di Kampoeng Anggrek Kediri

Follow Kediri – Di Kediri ada satu destinasi wisata yang tak kalah cantik dari Kebun Bunga Matahari, namanya Kampoeng Anggrek Kediri. Wisata Kampoeng Anggrek tak hanya menghadirkan spot selfie yang ciamik saja, tapi juga menghadirkan beragam jenis bunga anggrek yang siap memukau mata kalian.

Kampoeng Anggrek terletak di Dusun Sumberpetung, Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Tempat ini memiliki berbagai jenis bunga anggrek yang lengkap dan sudah ada fasilitas pendukung bagi para pengunjung.

Kampung Anggrek Kediri

Kampoeng Anggrek tidak hanya sekedar tempat pembudidayaan bunga anggrek, di sini juga merupakan tempat pembibitan anggrek hingga pemasarannya. Semua kegiatan itu dapat kamu lihat dalam satu tempat yang sama.

Kampoeng Anggrek memiliki konsep wisata berbasis edukasi, yang menjadi nilai unggul bagi tempat ini dibandingkan tempat wisata lainnya yang ada di wilayah lereng Gunung Kelud. Hebatnya lagi, tempat wisata yang baru berdiri tahun 2016 ini sudah memiliki laboratorium anggrek dengan spesialisasi pada kultur jaringan bunga anggrek. Karena lengkapnya jenis bunga anggrek yang ada di tempat ini, tak heran jika Kampoeng Anggrek memiliki luas lahan hingga 400 hektar.

Sampai hari ini, Kampoeng Anggrek sudah mengantongi 20 spesies, antara lain vkamu, oncidium, dendrobium, cattleya, phalaenopsis, cymbidium dan beberapa jenis spesies lainnya. Masing-masing spesies inilah yang kemudian dibudidayakan sampai menghasilkan ribuan tanaman bunga anggrek.

“Di Indonesia sendiri masih jarang tempat seperti ini,” ujar Didik Suhariyanto, Manajer Kampoeng Anggrek.

Di sini ada 2 ruangan khusus yang disebut green house. Green house pertama untuk pembibitan dan pembudidayaan berbagai jenis spesies bunga anggrek, dan sifatnya tertutup. Kedua, green house yang disediakan untuk ajang pameran bunga anggrek dan sifatnya terbuka.

Pada green house pameran, para pengunjung dapat menikmati beranekaragam jenis spesies bunga anggrek. Mulai dari Dendrobium ataupun anggrek yang unik dan langka seperti anggrek tebu atau anggrek macan yang merupakan anggrek terbesar di dunia dengan ketinggian mencapai 3 meter.

Baca juga topik Wisata lainnya;

Di Kampoeng Anggrek terdapat swalayan anggrek yang merupakan tempat jual beli anggrek. Swalayan ini tak hanya menyediakan bunga anggrek saja, namun menyediakan aneka jenis tanaman hias lainnya yang lengkap dengan pot dan media tanamannya.

Banyak juga para pengunjung yang membeli bunga anggrek untuk oleh-oleh, karena harganya sangat terjangkau antara Rp 35.000,- – Rp 750.000,- semua tergantung dengan jenis spesies dari bunga anggrek itu sendiri.

Saat hari libur tiba, jumlah pengunjung yang mendatangi Kampoeng Anggrek ini bisa mencapai 3000 orang. Untuk hari libur panjang, jumlah pengunjung yang datang ke tempat inipun melonjak.

Fasilitas Mendukung

Kampoeng Anggrek memang sangat menonjolkan wisata dengan objek utamanya yakni bunga anggrek.  Namun, di sini juga ada beberapa fasilitas pendukung seperti taman kelinci, wahana permainan anak, sentra sayur hidroponik, tempat pertemuan dan patung gorilla raksasa yang terbuat dari bahan tumpukan jagung.

Kampung Anggrek Kediri

Tak cuma itu, tersedia juga mobil angkut khusus yang didesain dari kayu untuk para pengunjung yang ingin menikmati suasanan perkebunan ini. Selain itu, di sini juga terdapat pujasera atau pusat kuliner yang menjual makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Minuman yang dijual pun terbuat dari sari buah markisa yang diolah dari hasil kebun sendiri.

Di sekitar wilayah sini juga terkenal dengan penghasil buah, mulai dari alpukat, nanas dan durian. Jadi bagi para pengunjung yang tak ingin membawa bunga anggrek sebagai oleh-oleh, ada pilihan lain yang bisa dibeli.

Akses Lokasi

Lokasi Kampoeng Anggrek ini terletak di kaki Gunung Kelud yang hanya memiliki jarak sekitar 7 km dari atas puncaknya dengan ketinggian gunung itu sendiri mencapai 1.731 mdpl. Jarak antara pusat Kota Kediri ke tempat ini sekitar 25 km di sebelah timur pusat Kota Kediri. Akses jalanannya pun terbilang cukup bagus karena sudah beraspal dan lebar.

Meskipun lokasinya berada di kaki gunung, namun jalanannya tidak ada tikungan atau tanjakan yang meliuk tajam. Sejuknya udara dan rimbunnya pepohonan akan membuat perjalanan kamu semakin berkesan dan nyaman.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Kampoeng Anggrek ini Rp 7.000,- per-orang. Jam operasionalnya mulai dari pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB. Biaya tambahan untuk naik mobil kayu Rp 10.000,- per-orang.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi sejuknya suasana dan indahnya pemkamungan aneka jenis bunga anggrek ini?

Komentar Yuk

Close
Close