Wisata

Yuk Selfie Cantik di Kebun Bunga Matahari Kediri

Follow Kediri – Kota Kediri merupakan kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang, sehingga tidak heran jika ada berbagai pilihan tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya replika Arc de Triomphe, kini ada juga tempat wisata bernama Kebun Bunga Matahari Kediri.

Pada awalnya tempat ini adalah lahan kosong dengan luas mencapai 900 meter. Kemudian lahan ini digunakan untuk membudidayakan bunga matahari. Namun, tidak disangka setelah bunga ini mekar ternyata terlihat begitu indah dan mampu mengundang lebah maupun wisatawan untuk datang berkunjung.

Penggagas ide kebun bunga matahari ini adalah istri dari Wali Kota Kediri, Ibu Ferry Silviana Feronica. Ibu wali kota dibantu banyak pihak termasuk anggota PKK, mahasiswa, dan Earth Hour Kediri atau WWF untuk membuat kebun ini.

Benih bunga matahari mulai ditanam sejak bulan April tahun 2014. Kemudian bunga ini mulai berbunga pada pertengahan bulan Juni tahun 2016 dan mulai popular di penghujung Hari Raya Idul Fitri 2016.

Di kebun ini terdapat sekitar enam ribuan tanaman bunga matahari yang tumbuh subur bermekaran dengan warna kuning merona.

Kebun bunga ini dikelola oleh pemerintah kota setempat dan belum dikelola secara komersil. Pemerintah kota tidak melarang masyarakat yang datang untuk mengambil gambar, selfie, maupun berkunjung dalam waktu yang lama.

Sebagai gantinya, pengunjung yang datang harus menjaga lingkungan di sekitar sana dengan menjaga keindahan bunga matahari serta tidak membuang sampah sembarangan.

Di kebun bunga ini sebenarnya sudah terpasang tulisan yang menghimbau pengunjung agar menjaga kebersihan lingkungan dan mengantisipasi tindakan yang tidak diinginkan dari para pengunjung.

Untuk mendapatkan varietas bunga matahari yang terbaik, sebelum memutuskan menanamnya Ibu wali kota sempat melakukan survey. Di kebun ini sendiri terdapat tiga jenis bibit bunga matahari. Jenis bunga matahari yang ditanam di sini ada Big Smile, Early Russian, dan Sunspot.

Baca juga topik Wisata lainnya;

Kualitas bunga yang ditanam di sini sangat bagus karena menghasilkan biji yang besar dan banyak. Bahkan bunga-bunganya juga tumbuh tinggi. Untuk perawatannya juga cukup mudah..

Pada satu bulan pertama tanaman sangat memerlukan perhatian sehingga harus diberi pupuk kkamung dan air. Karena masa hidupnya sekitar tiga bulan, maka awal perawatan harus diperhatikan.

Kebun Bunga Matahari Kediri

Lokasi Kebun Bunga Matahari

Kebun bunga matahari berada di Jalan Selomangleng No.143, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur. Lokasi Kebun Bunga Matahari Kediri tepat di samping Universitas Kediri dan gedung BNN Kota Kediri. Letaknya juga tidak jauh dari wisata Goa Selomangkleng dan Gunung Klotok Kediri.

Biaya Masuk Dan Jam Buka

Untuk masuk ke kebun bunga matahari kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Kamu hanya cukup membayar parkir saja. Biaya parkirnya sendiri sebesar Rp 2.000. Jam buka kebun bunga matahari Kediri sekitar jam sembilan pagi hingga jam empat sore.

Tips Saat Berkunjung Ke Kebun Bunga Matahari

Bagi kamu yang akan berkunjung ke Kebun Bunga Matahari Kediri sebaiknya memperhatikan dan menyiapkan beberapa hal berikut :

Kamera Atau Handphone Dan Powerbank

Tempat ini dikunjungi oleh ratusan pengunjung baik warga lokal maupun wisatawan dari luar kota setiap harinya. Lebih dari seribu orang datang ke kebun bunga ini untuk berpose dan berselfie ria. Jika kamu datang ke sini jangan lewatkan untuk berfoto juga.

Pastikan handphone atau kamera mamu memiliki resolusi yang bagus. Persiapkan juga baterai cadangan atau powerbank agar kamu tidak melewatkan satu momen pun saat di sana.

Kebun Bunga Matahari Kediri

Waktu Kunjungan

Agar bisa menyaksikan keindahan bunga matahari dengan sempurna datanglah pada waktu yang tepat. Sebaiknya kamu datang sekitar bulan Juni hingga bulan Agustus. Hal ini dikarenakan bunga matahari biasanya mekar pada bulan-bulan tersebut.

One Day Travelling

Apabila kamu hanya memiliki waktu yang sedikit untuk berlibur, kamu bisa mencoba One Day Travelling (ODT) ke kebun bunga matahari. Kamu akan disuguhkan pemkampungan bunga kuning yang cerah layaknya matahari siang di musim kemarau.

Taati Himbauan Yang Ada

Kamu memang diperbolehkan berfoto dan menikmati keindahan kebun ini dalam waktu lama. Namun perlu diingat untuk berfoto sewajarnya saja agar jangan sampai merusak keindahan bunga-bunga yang tumbuh di sana. Patuhi juga himbauan untuk menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya.

Jangan Datang Sendiri

Ketika kamu beriwisata ke kebung bunga matahari, upayakan jangan sendiri. Disana kamu akan menjumpai muda mudi bersama pasangannya yang sedang memadu asmara. Akan lebih baik jika kamu dating bersama kekasi, pacar, dan jika tidak punya bisa juga sama teman.

Happy Traveling!

Komentar Yuk

Tinggalkan Balasan

Close
Close