Inspiratif

Mas Mohak, Pengukir Kayu Dari Desa Papar

Follow Kediri – Keterbasan fisik bukanlah alasan untuk tetap terus berkarya dan menghasilkan sesuatu yang berharga. Mas Mohak, orang di sekitar akrab memanggilnya, sejak kecil mengalami kekurangan pada kakinya yang membuatnya sulit beraktivitas. Kaki palsu yang setiap hari membantunya untuk berjalan dan beraktivitas.

Nama aslinya Mohammad Sugianto, warga Desa Pehkulon Kecamatan Papar ini setiap hari membuat kerajinan ukir dari kayu. Sejak 8 tahun yang lalu Sugianto sudah menggeluti usaha ukir-ukiran ini.

Kemampuan mengukir dia dapat dari menimba ilmu dari Jepara Jawa Tengah. Setelah dirasa mampu akhirnya ia pulang dan membuka sendiri jasa mengukir di rumahnya. Dengan dibantu lima orang tenaga kerja, pesanan dari para konsumen mampu dikerjakan dengan baik dan selesai tepat pada waktunya.

Keterampilan dan ketekunan yang dimilikinya mendapatkan apresiasi yang tinggi dari Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno. Bersama dengan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri Ir. Adi Suwignyo, M.Si, beliau melaksanakan kunjungan kerja ke rumah Mas Mohak yang sekaligus sebagai tempat kerjanya.

Mas Mohak, Pengukir Kayu Dari Desa Papar

Dalam percekapannya dengan Mas Mohak, Bupati Kediri menyampaikan pemerintah akan selalu mendukung para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Kediri. Bentuk dukungannya adalah dengan memberi pelatihan agar produk yang dihasilkan semakin bagus dan berkualitas.

“Selain pelatihan juga akan membantu dalam bidang promosi dan pemasarannya agar lebih laku dan dikenal oleh masyarakat luas,” tambahnya.

Hasil kerajinan ukiran yang dihasilkan oleh Sugianto sudah merambah sampai ke Tangerang, Tulungagung, Blitar dan masih banyak lagi. Untuk harganya menyesuaikan kebutuhan dari pemesannya.

Sugianto melayani segala jenis bentuk ukiran dan ukuran berapapun bisa dikerjakan. Selain ukiran-ukiran biasa juga melayani hiasan kaligrafi yang sangat halus. Pengerjaanya juga sangat cepat tergantung ukuran dan tingkat kesulitannya. Sebuah ukiran mampu dikerjakan dalam waktu 3 minggu sampai 1 bulan.

Bila menginginkan ukiran dari Mas Mohak bisa langsung datang ke RT 1 RW 6 Desa Pehkulon Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Bisa juga menghubungi nomor HP 085257888272.

Komentar Yuk

Close
Close