Kuliner

Ke Gunung Kelud Gak Beli Nanas Queen? Yah, Rugi!

Follow Kediri – Sudah pernahkah kamu mengunjungi Kawasan Wisata Gunung Kelud? Jika kamu pergi ke Kawasan yang cukup terkenal di Kediri ini kurang rasanya apabila tidak membeli nanasnya. Yap! Jenis buah nanas asli Kelud yang satu ini memiliki rasa yang khas, hal ini karena nanas lokal ini bercita rasa manis bukan asam seperti kebanyakan nanas di daerah lain.

Jika akhir pekan tiba yaitu saat pengunjung membludak, para penjual nanas akan kebanjiran rezeki. Bagaimana tidak, semua pengunjung dari luar kota pasti membeli nanas sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Selain itu ada juga yang memakan langsung di tempat, dikupaskan oleh penjualnya. Seger banget!

Murah dan Manis pastinya!

Salah satu penjual nanas disana adalah Pak Gatot. Ia berjualan di area parkiran atas dan ia mengakui bahwa lapaknya tidak pernah sepi pembeli. Setiap akhir pekan dan hari libur nasional ia membawa 1 pick up nanas untuk dijual. Varietas nanas yang paling diminati pembeli adalah Nanas Queen (nanas lokal kelud) dan Smooth cayyene (madu).

Gatot menambahkan, bahwa pengunjung menyukai nanas queen selain karena rasanya manis tapi harganya juga murah meriah. Hanya cukup membayar 10 ribu, kalian bisa mendapatkan 5-6 ikat nanas. Sedangkan nanas jenis Smooth cayenne yang besar harganya 20-25 ribu perbuah nya.

“Pengunjung kadang lebih suka memilih yang sudah dikupas bersih tinggal makan, satu plastik harganya 5 ribu,” jelasnya.

Banyak pengunjung yang menyukai Nanas Queen ini. Salah satunya Bu Tri dari Jombang. Ia yang sudah beberapa kali berkunjung ke Wisata Gunung Kelud ini mengaku kalau mengkonsumsi buah nanas adalah kesukaanya. Setiap ia datang ke tempat Wisata ini, selain menikmati keindahan Kelud tapi juga tidak lupa mencari buah nanas yang segar dan menis tentunya!

Oh iya, bukan hanya dari wisatawan lokal saja yang menggemari nanas ini, namun juga wisatawan mancanegara loh. Turis dari Uruguay, Fehyt tampak dari kejauhan bahwa ia sedang memegang sambil memakan nanas yang sudah dikupas.

Nanas yang mendukung perekonomian petani nanas

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Ir. Adi Suwignyo mengatakan dengan semakin banyaknya pengunjung berwisata di Gunung Kelud, para petani nanas tidak lagi menjualnya buahnya kepada tengkulak.

“Dari pada dijual kepada tengkulak mending dijual sendiri, karena hasilnya akan jaul lebih banyak. Semakin banyak nanas yang dijual di tempat ini akan dapat mendompleng pamor wisata Gunung Kelud sebagai destinasi wisata andalan Kabupaten Kediri dan sebagai sentra buah nanas,” terangnya.

Baca juga topik Wisata lainnya;

Di lain kesempatan yaitu saat Kenduri nanas beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri mengatakan, bahwa di Kabupaten kediri memiliki pertanian nanas seluas 2.500 ha yang tersebar di beberapa kecamatan, salah satunya yang terluas adalah Kecamatan Ngancar.

Dengan potensi luar biasa tersebut diharapkan akan mampu memperkenalkan potensi buah yang ada di Kabupaten Kediri yang nantinya akan dapat pula mendukung sektor pariwisata seperti wisata Gunung Kelud.

Komentar Yuk

Close
Close