UMKM

Mencoba Gurihnya Nasi Jagung di Griya Ampok

Follow Kediri – Griya Ampok. Tulisan itulah yang akan langsung kalian temukan di depan sebuah stand pada Pekan Budaya dan Pariwisata 2018. Di stand ini menjual nasi ampok yaitu nasi yang terbuat dari jagung dan dilengkapi dengan sayur lodeh, urap-urap, oseng-oseng, pepaya dan juga ikan asin. Nasi ampok dikenal dengan penyajiannya yang unik yaitu menggunakan sepincuk daun pisang. Nikmatnya!

Di Griya Ampok, ada ibu Sri Mulyanti yang saat itu sibuk melayani para pembeli nasi ampok. Ibu yang sering dipanggil dengan nama Yanti ini sangat sigap mengambil nasi dan berbagai pelengkapnya. Standnya buka dari pagi hari hingga malam tepatnya puku; 21:00 WIB. Stand ibu Yanti ini tidak pernah sepi loh! Omset yang didapatkan cukup lumayan, hampir lebih dari Rp. 2 juta perharinya.

“Alhamdulillah, masakan kami selalu habis. Bahkan waktu pembukaan pameran kemarin kurang. Yang paling laris ya ampok, mungkin karena pembeli jarang mengonsumsi makanan ini,” katanya sambil tersenyum.

Selain menyajikan makanan yang menggugah selera ini, ibu Yanti juga menjual minuman pelengkapnya yang segar seperti rujak serut dan es kopyor. Nah, buat kalian yang ingin eksplorasi makanan lain, tidak usah khawatir. Karena selain nasi ampok, para pengunjung juga bisa memilih nasi putih dengan beragam olahan makanan lain yang tak kalah lezat. Ada pepes, botok, sambal ijo dan aneka gorengan, pas banget kan buat isi perut!

Stand menarik yang menjadi daya tarik

Stand Griya Ampok ini memang cukup menarik perhatian bagi mereka yang ingin bersantap di wilayah UMKM. Di depan stand terdapat sebuah rinjing (keranjang bambu) yang penuh dengan pipilan jagung, ditambah tumpukan jagung juga di depannya, menarik sekali bukan? Selain itu juga ada nasi dan lauk pauk yang diletakan di kendil-kendil, sebuah pemandangan unik yang jarang kita jumpai sehari-hari.

Stand ini juga mewadahi produk para anggota UMKM Terampil Jaya yang hampir semuanya makanan. Setiap anggota UMKM membawa makanannya untuk mengisi stand, mulai dari masakan, kue-kue kering, kue-kue tradisional hingga minuman tradisional seperti jamu dan beragam es. Ada sekitar 65 orang yang tergabung di UMKM yang berada di Kecamatan Kayenkidul tersebut.

Baca juga topik UMKM lainnya :

Selain itu, mereka juga menerima pesanan loh. Buat acara kantor atau hajatan, bisa memesan nasi kotak atau snack ke pengurus UMKM Terampil Jaya. Ibu Yanti berharap agar UMKM ini bisa terus berpartisipasi di pameran atau event-event Kabupaten Kediri lainnya agar semakin banyak masyarakat yang akan mengenal produk mereka.

Yuk, buat kamu yang udah penasaran dan pengen banget nyicipin gurihnya nasi ampok buruan ke Stand Griya Ampok di Zona Usaha Mikro dan Perdagangan Pekan Budaya dan Pariwisata.

Komentar Yuk

Close
Close