Kuliner

Gejolak Sambel Mente “Bola Dunia LC”

Follow Kediri – Jika membahas tentang makanan khas dari suatu daerah memang tidak ada habisnya. Karena setiap daerah memiliki makanan khas yang beragam jenis dan olahannya. Salah satunya makanan khas yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh yaitu olahan kacang mente.

Sudah banyak UMKM yang menyediakan berbagai makanan khas Kabupaten Kediri dengan berbagai olahan dan bahan yang digunakan. Seperti tahu kuning, olahan nanas, gethuk pisang dan lainnya. Yang akan dibahas kali ini adalah olahan kacang mente.

Pengolahan kacang mente pada umumnya digoreng atau dioven untuk dijadikan cemilan atau digunakan sebagai toping atau bahan pelengkap untuk cokelat ataupun kue. Namun, seorang warga setempat yang bernama Darmanto mengolah kacang mente menjadi sambal.

Saat ia ditemui di rumahnya yang terletak di Desa Kepung, Kecamatan Kepung mengatakan bahwa pada awalnya ia memproduksi kacang mente untuk dijadikan cemilan dengan cara digoreng.

“Dalam satu kemasan yang saya jual hanya dipilih kacang mente yang mempunyai kualitas serta bentuk yang sempurna. Saat pemilihan kacang mente tentunya ada yang bentuknya tidak sempurna atau sering disebut dengan sortiran.” jelas Darmanto.

Baca juga topik Kuliner lainnya :

“Berawal dari itu akhirnya kacang-kacang sortiran ini melimpah, kualitasnya masih baik tapi bentuknya kurang sempurna. Daripada tidak dipergunakan atau mubadzir, saya manfaatkan menjadi olahan sambal.” Tambahnya.

Ia pun menjelaskan mengenai proses pembuatannya yang terbilang cukup mudah itu. Bahan dan proses pengolahannya hampir mirip dengan pembuatan sambal pecel yang dibuat dengan bahan kacang tanah. Produknya ia beri nama Bola Dunia LC.

“Untuk proses membuatnya, yang pertama bersihkan kacang mente, kemudian goreng. Setelah matang dan menguning keemasan lalu tiriskan. Tumis sebentar bumbu dari cabe rawit, cabe merah, bawang putih dan bawang merah kecuali kencur. Haluskan bumbu yg sudah digoreng, selanjutnya campur dengan daun jeruk, kencur, uleg sampai halus. Beri garam, gula merah dan asam jawa, kemudian haluskan kacang mente.”

“Terakhir campurkan bumbu yang sudah dihaluskan dengan kacang mente lalu dikemas. Masa kadaluarsa sambal ini cukup lama jika disimpan di tempat tanpa terkena paparan matahari langsung. Lebih baik lagi disimpan di lemari es bisa bertahan sampai berbulan-bulan.” jelasnya.

Sambal mente ini memiliki rasa yang sangat lezat dan gurih serta akan tercium aroma khas kacang mente saat menyantapnya. Sambal ini dapat dipadukan dengan kerupuk ataupun sayuran.

“Untuk pembelian dalam jumlah yang banyak diharapkan untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu. Ayo cintai produk Nusantara!” ajak Darmanto.

  • Nama Produk : Sambel Mente Bola Dunia LC
  • Contact Person : 085784678699 / 085280416362
  • Lokasi : Jl. Melati No. 176 Dsn. Jatimulyo, Desa Kepung, Kec. Kepung.

Komentar Yuk

Tinggalkan Balasan

Close
Close