Wisata

Menyatu Dengan Alam di Sumber Complang Pranggang

Follow Kediri – Taukah kamu Sumber Complang Pranggang? Banyak yang belum tau bahwa di Desa Pranggang, Kecamatan Plosoklaten ini memiliki satu potensi wisata yang alami banget. Yaitu merupakan tempat wisata alam yang bentuknya seperti danau kecil dengan sebuah pulau di tengahnya

Sebelumnya, Desa Pranggang dikenal sebagai sentra budidaya ikan koi nomor 1 di Kediri. Kualitas ikan koi nyapun tidak perlu diragukan lagi, hal ini menjadi alasan para kolektor ikan koi mengunjungi desa ini. Disini juga terdapat sebuah sumber air yang memiliki air yang cukup besar dan selama ini difungsikan sebagai irigrasi pemasok kebutuhan air bersih PDAM Kota Kediri.

Jika kamu ingin mencoba mengunjungi tempat ini, lokasinya tidak sulit ditemukan. Banyak transportasi juga yang bisa kamu gunakan. Lokasi Sumber Complang Pranggang ini tepatnya di belakang Balai Desa Pranggang, Plosoklaten sejauh 100 meter. Disini kalian akan menemukan suasana yang berbeda sekali dengan hiruk pikuk kota. Udara yang segar, banyaknya pepohonan membuat kamu seakan menyatu kembali dengan alam.

Mengapa disebut Complang?

Complang dalam Bahasa Indonesia disebut daerah cekungan. Menurut Kepala Dusun Pranggang, Sahrul mengatakan bahwa nama Sumber Complang dicetuskan oleh para pendahulu Desa Pranggang. Disematkan di dalamnya karena air ini muncul dari daerah cekungan (Complangan)

“Disini sering jadi jujugan masyarakat untuk wisata tipis-tipis. Ngisis cari inspirasi,” jelasnya sembari tertawa. Wisata tipis-tipis yang dimaksud adalah wisata yang ringan biaya karena tidak ada parkir maupun tiket masuk lokasi ini. Yap betul, untuk memasuki lokasi wisata ini tidak ada biaya tiket masuk apapun.

Ngapain Aja di Complang Pranggang?

Walaupun gratis, namun banyak loh kegiatan yang bisa kamu lalukan disini. Salah satunya dengan berfoto di jembatan penyebrangan ke pulau. Ini merupakan spot paling bagus, jadi sebelum ke pulau kecilnya abadikan moment mu di jembatan ini dulu ya!

Selain itu, kamu juga bisa memberi makan ikan dan memancing. Untuk memancing hanya diperbolehkan saat ada event lomba memancing saja ya. Biasanya event ini diadakan saat libur panjang. Oh iya, ikan-ikan disini merupakan hasil penebaran benih ikan yang dilakukan oleh Karang Taruna setempat. Kreatif banget ya!

Bukan hanya menjadi objek wisata, tempat ini juga sering digunakan para anggota Pramuka untuk berkemah. Kalau akhir pekan bahkan jadi rest area komunitas sepeda karena banyak warung makan juga disana.

Perawatan objek wisata ini dikelola Bersama oleh warga dan perangkat desa lainnya. Seperti penghijauan dan pembenahan tanggul. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke sini, pastikan tidak merusak keindahan alamnya yang indah ya. Yuk lestarikan dan jaga alam kita bersama!

Komentar Yuk

Tinggalkan Balasan

Close
Close